forrest gump

Sinopsis Film Forrest Gump

Diposting pada

Film Forrest Gump menceritakan perjalanan hidup seorang anak bernama Forrest Gump sesuai dengan judulnya. Forrest kecil yang sering mendapat olok-olok karena ber-IQ rendah dan dianggap aneh. Namun, ia malah menjalani berbagai hal yang luar biasa sepanjang kehidupannya. Perjalanan tersebut juga membuatnya terlibat, bahkan menjadi ikon dalam banyak peristiwa bersejarah. Maka, mari kita menyimak alur cerita film yang memenangkan banyak penghargaan, di antaranya Academy Award ini. 

Sehelai Bulu dan Sekotak Coklat

Di sebuah halte bus, Seorang pria bernama Forrest Gump mendapati sehelai bulu yang jatuh dan memasukkan bulu tersebut ke dalam kopernya. Ia menawarkan sekotak coklat kepada wanita asing yang duduk di sebelahnya. Meski wanita itu tampak cuek, Forrest tetap menceritakan kisah perjalanan hidupnya kepada wanita asing tersebut. 

Adegan kemudian berpindah ke masa lalu, saat Forrest Gump masih kecil. Ia harus menggunakan penyangga kaki untuk memperbaiki posisi tulang tubuhnya. Forrest tinggal hanya bersama ibunya yang mengelola sebuah rumah kos. Di antara penghuni kos itu, terdapat seorang musisi muda yang kelak akan kita kenal sebagai Elvis Pressley. Ternyata, Elvis mendapat inspirasi untuk gerakan panggungnya yang khas dari Forrest yang memakai penyangga kaki. 

Karena hanya memiliki IQ-75, Forrest kerap mendapat ejekan dan sulit untuk memasuki sekolah umum. Namun, ibunya berhasil membujuk seorang kepala sekolah sehingga Forrest tetap bisa bersekolah seperti anak pada umumnya. Ibunya juga menasihati Forrest untuk hidup dengan bebas dan melampaui keterbatasan yang selama ini ia rasakan. 

Jenny Curran

Forrest menaiki bus sekolah untuk pertama kalinya dan berkenalan dengan seorang anak perempuan yang bernama Jenny Curran. Fores dan Jenny pun segera menjadi teman baik. Namun, teman-teman lainnya mengganggapnya aneh dan kerap membulinya. Suatu hari, ketika Forrest mendapat bulian dari teman-temannya, Jenny menyuruhnya lari. Maka, Forrest pun lari sekencang-kencangnya. Ia tidak menyadari, kemampuan larinya itu merupakan bakat alami yang akan membawanya ke berbagai tempat di kemudian hari. 

Kejadian yang sama berulang ketika Forrest dan Jenny telah menjadi anak SMA. Forrest melarikan diri dari teman-teman yang akan membulinya. Kali ini, teman-temannya mengejar menggunakan mobil, tetapi Forrest tetap jauh meninggalkan mereka hanya dengan berlari. Forrest tidak memedulikan hal lain ketika ia berlari. Ia melewati sebuah pertandingan football dan membuat semua orang di stadion maupun lapangan tercengang. 

Akibatnya, ia justru mendapat beasiswa football di Universitas Alabama dan menjadi pemain terbaik All-American Football. Prestasi itu membuat Forrest bertemu dengan Presiden John F. Kennedy di gedung putih dalam sebuah siaran langsung televisi. Bahkan Forrest kembali tampil di televisi tanpa ia menyadarinya saat Gubernur George Wallace memulai program untuk menyatukan ras kulit hitam dan kulit putih. 

Pahlawan Perang

Setelah lulus kuliah pada tahun 1966, Forrest bergabung dengan Angkatan Darat AS. Di situ, ia berteman dengan Benjamin Buford Blue atau Bubba yang mengajaknya menjadi nelayan udang selepas mereka mengabdi nanti. Kemudian, Forrest dan Bubba masuk dalam Divisi Infanteri 9 dan bertugas dalam berbagai misi. Sayangnya, Bubba gugur saat menjalankan tugas patroli karena mendapat serangan musuh. 

Saat itu, pemimpinnya yang bernama Letnan Dan Taylor menyuruhnya untuk lari. Namun, Forrest tetap kembali untuk menyelamatkan beberapa rekannya, termasuk Letnan Dan. Akan tetapi, Letnan Dan harus kehilangan kedua kakinya karena mengalami luka yang sangat parah. Hal itu membuat si letnan merasa benci karena Forrest memilih untuk menyelamatkannya, daripada membiarkannya mati sebagai pahlawan. 

Atas jasanya sebagai prajurit, Forrest mendapatkan penghargaan medali kehormatan. Presiden Lyndon B. Johnson menyerahkan medali tersebut secara langsung kepadanya. Dalam sebuah demonstrasi antiperang, Forrest bertemu kembali dengan Jenny yang kini menjalani hidup sebagai kaum Hippies. Namun, pertemuan tersebut berlangsung singkat karena Jenny meninggalkan Forrest untuk pergi bersama komunitasnya. 

Legenda Ping Pong

Sebagai veteran perang, Forrest kemudian berkenalan dan mempelajari permainan tenis meja. Tanpa terduga, Forrest menjadi sangat ahli dalam tenis meja hingga mendapat kesempatan untuk bersaing dengan tim nasional Cina. Bahkan, karena sederetan prestasinya itu, Forrest sempat menghadiri sebuah acara TV bersama legenda The Beatles, John Lennon, dalam acara The Dick Cavett Show. 

Kemudian, Forrest tanpa sengaja bertemu dengan Letnan Dan yang kini memiliki pandangan pesimis tentang hidup dan negaranya. Mereka sempat menghabiskan malam tahun baru bersama-sama. Lalu, masih karena prestasinya dalam tenis meja, Forrest mendapat kesempatan bertemu dengan Presiden Richard Nixon dalam sebuah acara TV. Tidak lama setelah itu, Forrest tanpa sengaja mengungkap skandal watergate yang menyebabkan Presiden Nixon harus mundur dari jabatannya. 

Karena perang telah selesai, Forrest mendapatkan pembebasan tugas dari militer. Lalu, ia pulang dan bertemu kembali dengan ibunya di Greenbow, Alabama. Ternyata, selama ini, sebuah perusahaan telah menjadikan Forrest sebagai endorsemen atau ikon. Hal itu membuat Forrest mendapatkan penghasilan sebesar 25.000 USD. 

Pengusaha dan Jutawan

Forrest kemudian mengunjungi keluarga Bubba dan berniat memenuhi janji kepada sahabatnya itu untuk menjalankan bisnis udang. Maka, Forrest menggunakan sebagian penghasilannya untuk membeli sebuah kapal dan memulai profesi sebagai nelayan udang. Forrest menamai kapal tersebut dengan nama Jenny. Ternyata, Letnan Dan kemudian datang dan membantu Forrest memulai usahanya itu. 

Di masa pelayaran mereka menangkap udang, Forrest dan Lenan Dan harus berhadapan dengan badai terbesar pada masa itu yang disebut Carmen Hurricane. Namun, kapal Forrest dan Letnan Dan menjadi satu-satunya kapal yang melewati badai tersebut. Bahkan, mereka mendapat banyak sekali udang karenanya sehingga mulai mendirikan sebuah perusahaan bernama Bubba Gump Shrimp Company. 

Pengalaman bersama Forrest membuat Letnan Dan mendapatkan pencerahan dan bersyukur Forrest telah menyelamatkannya dalam perang. Sayangnya, Forrest harus segera pulang ke Alabama karena mendapat kabar bahwa ibunya sedang sakit. Suatu hari, Forrest mendapat surat dari Dan yang berinvestasi pada sebuah perusahaan yang kini kita kenal sebagai Apple. Meski telah menjadi jutawan, Forrest tidak melupakan Bubba. ia pun memberikan setengah penghasilannya  kepada keluarga Bubba sehingga mereka bisa menjalani hidup layak dan berkecukupan. 

Cinta yang Datang dan Pergi

Forrest tinggal dan merawat ibunya hingga sang ibu meninggal karena kanker. Lalu, Jenny Curran mendatangi Forrest setelah menjalani rehabilitasi narkoba. Mereka hidup bersama selama beberapa waktu dan saling menyatakan cinta. Namun, entah mengapa Jenny memutuskan untuk pergi meninggalkan Forrest lagi. Forrest yang patah hati dan tidak tahu harus bagaimana pun memutuskan untuk berlari. 

Ia terus berlari melintasi berbagai tempat dan tidak menyadari hal itu membuatnya semakin terkenal. Tanpa terasa, Forrest telah berlari selama tiga tahun sebelum akhirnya kembali ke Alabama pada tahun 1981. Suatu ketika, Forrest mendapatkan surat dari Jenny dan itulah alasannya melakukan perjalanan ke Georgia, yaitu untuk menemui Jenny. Kini, kita kembali kepada adegan di awal film pada halte bus yang sama. 

Forrest telah menyelesaikan ceritanya, tetapi wanita asing yang duduk di sebelahnya telah berganti dengan seorang lelaki dan wanita yang telah berusia tua. Si lelaki tua mengatakan bahwa cerita Forrest sangat konyol dan meninggalkannya. Namun, si wanita tua mengaku sangat tertarik dengan kisa Forrest. Lalu, wanita tua itu memberi tahu bahwa alamat dalam surat Jenny hanya berjarak beberapa blok dari halte bus di mana mereka berada kini. 

Forrest Gump Junior

Forrest segera berlari menuju rumah Jenny dan menemuinya. Tanpa terduga, Jenny memperkenalkannya kepada seorang anak lelaki kecil bernama Forrest Gump Jr. Anak itu merupakan anak hasil percintaan Jenny dan Forrest sebelumnya. Hal itu tampak jelas dari kemiripan gestur mereka saat Forrest duduk dan menemani si anak menonton TV. Namun, Jenny memberi tahu Forrest bahwa saat ini, ia tengah menderita sebuah penyakit yang belum dikenal. 

Kemudian, Forrest dan Jenny memutuskan kembali ke Alabama dan tinggal bersama putra mereka. Keduanya juga melakukan pernikahan dengan acara yang sederhana. Setahun kemudian, Jenny meninggal karena penyakitnya. Kini, Forrest melanjutkan hidupnya sebagai orang tua tunggal dan mengasuh Forrest Jr. Di akhir film, Forrest menemani anaknya menunggu kedatangan bus sekolah. Ia menyampaikan petuah ibunya kepada putranya kini, yaitu “Hidup itu seperti sekotak coklat, kau tidak tahu apa yang akan kau dapatkan.”

Nilai rata-rata 0 / 5. Jumlah penilai: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

FAQ Sinopsis Film Forrest Gump 1994 Alur Cerita Awal Hingga Akhir LENGKAP

  • Yang manakah Film Forrest Gump dan tentang apa ? Film Barat, film forrest gump, film inspiratif, forrest gump
  • Tahun Berapa Forrest Gump Rilis ? Film Tahun 1994
  • Siapa Sutradara Film Forrest Gump ? Robert Zemeckis
  • Siapa pemeran atau pemain Forrest Gump ? Mereka adalah aktor aktris terkenal diantaranya Gary Sinise, Mykelti Williamson, Robin Wright, Sally Field, Tom Hanks
  • Tergolong genre apakah film Forrest Gump ? Film Drama, Film Jadul, Film Keluarga Mengharukan, Film Lucu Paling Kocak
  • Trailer Forrest Gump 1994

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *