Sinopsis Film Captain America: The Winter Soldier

Diposting pada

Selain sekuel dari Captain America: The First Avenger, cerita film ini merupakan kelanjutan langsung dari kisah Avengers. Setelah mengatasi keusilan Loki di New York bersama para Avengers, Steve kini bekerja dengan Nick Fury dan Natasha Romanov dalam SHIELD. Kini, ia tengah melakukan lari pagi dan berkenalan dengan seseorang bernama Sam Wilson. Mereka mengobrol santai sampai Steve mendapat sebuah pesan untuk memulai sebuah misi. Natasha menjemput Steve dengan sebuah mobil dan memulai film Film Captain America: The Winter Soldier.

Lemurian Star

Steve dan Natasha mendapat misi untuk menyelamatkan sandera dari sebuah kapal bernama Lemurian Star. Para perompak di kapal tersebut meminta sejumlah uang tebusan kepada SHIELD, tetapi SHIELD tidak bernegosiasi. Setelah melakukan pengamatan dan menyusun rencana bersama tim kontrateror milik SHIELD yang disebut tim STRIKE, mereka pun memulai aksi penyelamatan tersebut. 

Melakukan gaya lamanya, yaitu terjun tanpa parasut, Steve menyusup ke geladak kapal dan melumpuhkan anggota perompak satu demi satu. Ia mendapati Natasha dan pemimpin tim STRIKE yang bernama Brock Rumlow dan langsung membagi tugas. Rumlow dan tim STRIKE akan mengamankan dan mengevakuasi para sandera. Natasha akan melakukan sesuatu dengan mesin kapal. Sementara itu, Steve akan langsung menghadapi Goerges Batroc. 

Ternyata, Natasha tengah melakukan misi lain atas tugas dari Fury sehingga ia terlambat saat harus berkumpul kembali. Steve meladeni tantangan Batroc dan melawannya tanpa memakai tameng. Ia berhasil membuat Batroc pingsan dengan mudah dan segera menyusul Natasha yang tengah memindahkan data dari komputer kapal ke dalam sebuah flashdrive. Batroc yang telah sadar melemparkan granat ke arah mereka berdua sebelum melarikan diri. Untungnya, Steve dan Nat saling melindungi dengan cekatan dan kompak sehingga keduanya pun selamat. 

Proyek Insight

Di markas SHIELD, Steve mendatangi Fury dan memprotes pemberian instruksinya kepada Natasha. Ia berpendapat bahwa hal itu membuat Nat melakukan tindakan yang membahayakan misi. Namun, Fury menyangkal dan merasa tidak melakukan kesalahan. Ia bahkan mengajak Steve ke fasilitas rahasia milik SHIELD dan menunjukkan proyek yang bernama inssight. Fury memperlihatkan bunker bawah tanah yang menampung tiga hellicarrier yang terhubung dengan satelit mata-mata. 

Sebenarnya, Steve kurang puas terhadap sikap Fury, tetapi ia memilih diam untuk saat itu. Steve menuju ke sebuah tempat bernama Smithsonian Institue. Di situ, melihat-lihat bagaimana tempat tersebut menyosialisasikan Kapten Amerika sebagai pahlawan kepada pengunjung. Ia juga menjenguk Peggy Carter di rumah sakit. Wanita yang sangat dicintainya itu kini telah menua dan menderita penyakit demensia. Setelah itu, Steve juga menyempatkan diri mengunjungi Sam yang tengah bekerja sebagai konsultan. Sebagai sesama prajurit, Steve dan Sam sudah seperti teman lama. 

Sementara itu, Fury  tengah mencurigai sesuatu dalam sistem SHIELD. Ia meminta rekannya, Alexander Pierce untuk menunda peluncuran proyek insight. Lalu, ia menghubungi agen Maria Hill dan meminta agen tersebut untuk segera menemuinya. Akan tetapi, beberapa mobil polisi tiba-tiba menyerang Fury di sebuah persimpangan. Meski kewalahan, Fury berhasil kabur dan mengatasi semua penyerangnya. Namun, seseorang misterius memakai topeng tiba-tiba membuat mobilnya meledak dan terbalik. Ketika orang itu mendekati mobil, Fury telah berhasil kabur. 

Hydra dalam SHIELD

Steve Rogers sampai di tempat tinggalnya. Ia berpapasan dan menyapa dengan seorang wanita cantik yang merupakan tetangganya. Mereka terlihat berbasa-basi sejenak sampai Steve menemukan ada yang menyusup ke dalam apartemennya. Ternyata, itu adalah Fury yang telah mengalami luka parah. Mereka melakukan komunikasi dengan sangat hati-hati dan Fury mengatakan bahwa saat ini ada yang telah menyusupi SHIELD. Ia menyerahkan sebuah flashdrive kepada Steve. Tiba-tiba, seseorang menembak Fury dan membuatnya sekarat. 

Wanita cantik tetangga Steve pun memasuki tempat itu dengan sebuah pistol. Ternyata, wanita tersebut juga seorang agen SHIELD yang bernama Sharon. Selama ini, Fury menugaskan Sharon untuk tinggal di Steve dan melindunginya. Sementara Sharon memeriksa dan melaporkan kondisi Fury ke markas pusat, Steve bergegas mengejar pelaku yang menembak Fury. Melewati bangunan dan atap-atap apartemen, Steve berhasil menyusul penembak Fury itu. 

Saat itu, Steve tidak mengetahui bahwa orang itu adalah orang yang telah meledakkan mobil Fury. Ia menyerangnya dengan tameng dan terkejut mendapati orang itu mampu menangkap tamengnya dengan mudah. Orang itu juga memiliki lengan kiri yang berbahan logam. Setelah melemparkan kembali tameng Kapten Amerika, pria berlengan logam tersebut melarikan diri. 

The Winter Soldier

Steve, Natasha, para anggota SHIELD lainnya berada di rumah sakit. Mereka mengamati bagaimana tim dokter melakukan operasi kepada Fury. Selain itu, agen Maria Hill juga ada bersama mereka. Sayangnya, Fury meninggal dalam operasi tersebut. Natasha menanyakan bagaimana bisa Fury berada di tempatnya Steve. Mereka berdua sempat bersitegang sampai Rumlow memberi tahu Steve bahwa SHIELD memanggilnya. Sebelum pergi ke markas SHIELD, Steve menyimpan flashdrive pemberian Fury ke dalam mesin penjual snack otomatis. 

Alexander Pierce menanyai Steve mengenai keberadaan Fury di rumahnya. Steve tidak memberi informasi apa pun karena Fury berpesan agar ia tidak memercayai siapa pun. Lalu, ia meninggalkan ruangan Pierce dan mendapati tim STRIKE bersama para agen SHIELD berusaha menyergapnya di dalam sebuah lift. Steve menghajar mereka semua dan melompat melalui jendela hingga ke halaman markas. Sebuah pesawat SHIELD menghadang pelariannya, tetapi Steve menghancurkan pesawat itu dan berhasil melarikan diri. 

Steve lalu kembali ke rumah sakit untuk mengambil flashdrive yang ia sembunyikan. Namun, Natasha telah lebih dulu mengambilnya dan memergoki steve. Setelah memastikan mereka bisa saling memercayai dan bekerja sama, mereka pun meninggalkan tempat itu. Natasha juga mengatakan bahwa ia telah mendapat info mengenai orang yang menyerang Fury. Orang itu bernama The Winter Soldier. Nat pernah mendapatkan luka saat berhadapan dengannya dalam sebuah misi. 

Meet The Falcon

Nat dan Steve menggunakan fasilitas di sebuah pusat perbelanjaan untuk mengetahui isi flashdrive itu. Informasi di dalamnya menunjuk pada sebuah tempat di New Jersey. Ternyata, tim STRIKE telah berada di tempat itu dan mencari keberadaan mereka. Nat bahkan meminta Steve untuk menciumnya agar Rumlow tidak memergoki mereka. Lalu, Steve mencuri sebuah mobil dan membawa mereka menuju New Jersey. 

Di New Jersey, mereka menemukan fasilitas pelatihan militer tempat Steve pernah berlatih. Mereka juga menemukan sebuah tempat rahasia dan mengaktifkan sebuah teknologi jadul menggunakan flashdrive tersebut. Ternyata, teknologi mirip AI tersebut adalah kesadaran Dr. Arnim Zola, ilmuwan Hydra yang bekerja sama dengan SHIELD. Dr. Zola adalah cikal bakal bagaimana Hydra bisa menyusupi SHIELD dan berkembang di dalamnya. 

Nat dan Steve berhasil selamat dari serangan rudal basilisk milik SHIELD yang meruntuhkan tempat tersebut. Mereka menemui Sam Wilson karena tidak ada tempat lain yang bisa mereka tuju. Steve dan Nat pun terpaksa memberi tahu Sam tentang masalah yang mereka alami. Lalu, Sam menunjukkan resumenya sebagai prajurit pengguna sayap mekanik dan menawarkan diri untuk membantu mereka. Di sinilah kita bertemu dengan karakter Falcon untuk pertama kali, yaitu Sam Wilson. 

Bucky Barnes 

Di sisi lain, kita akan melihat bahwa Alexander Pierce adalah orang yang memanfaatkan The Winter Soldier. Ia memerintahkan prajurit tersebut untuk membunuh Steve, Natasha dan semua orang yang menghambat atau menghalangi misinya. Sementara itu, dengan bantuan Falcon, Steve dan Nat berhasil menangkap Jasper Sitwell yang merupakan anggota Hydra. Sitwell membeberkan informasi mengenai Hydra yang akan memanfaatkan proyek insight sebagai senjata untuk memusnahkan siapa saja yang berpotensi menjadi ancaman mereka. 

Dalam perjalanan membawa Sitwell, The Winter Soldier menyergap mereka dan menghabisi Sitwel. Selain itu, para anggota Hydra juga berusaha membunuh mereka. Sementara Falcon mengatasi para anggota Hydra, Steve menyelamatkan Nat yang terluka dan mengambil alih pertarungan melawan The Winter Soldier. Lalu, Steve tanpa sengaja melepas penutup wajah The Winter Soldier dan mendapati sosok Bucky Barnes sahabatnya. Hal itu membuat Steve shock sehingga Rumlow dan para agen lainnya pun menangkap mereka. 

Untungnya, agen Hill menyamar menjadi salah satu pasukan yang menangkap mereka dan membantu mereka melarikan diri. Agen Hill membawa mereka ke sebuah tempat rahasia dan mempertemukan kembali mereka dengan Nick Fury yang ternyata masih hidup. Fury sengaja memalsukan kematiannya dengan bantuan agen Hill. Dengan demikian, Hydra akan berhenti memburunya sehingga ia bisa leluasa menjalankan rencana untuk menghentikan Hydra. 

Captain’s Order

Setelah berdebat dan berdiskusi, Fury memercayakan Steve untuk memimpin sebuah misi menghentikan peluncuran helicarrier proyek insight. Fury memberikan tiga perangkat yang dapat menghapus dan melumpuhkan fungsi persenjataan dari proyek insight. Maka, menggunakan kostum lamanya dari Smithsonian, Kapten Amerika, Falcon, dan agen Hill menyusup ke markas SHIELD. Sementara itu, Pierce telah mengundang para petinggi dewan keamanan dunia untuk memulai proses peluncuran proyek insight. 

Sebelumnya, SHIELD telah mengumumkan Kapten Amerika sebagai pembunuh Nick Fury dan menganggapnya sebagai pengkhianat. Namun, Steve menyiarkan bagaimana Hydra telah menyusupi SHIELD dan meminta para agen SHIELD yang sesungguhnya bangkit dan berjuang bersamanya. Agen Sharon Carter dan lainnya menerima siaran tersebut sebagai captains orede dan mulai memberontak. Sayangnya, Rumlow berhasil melumpuhkan mereka dan meluncurkan helicarrier insight. 

Dalam ruangannya, Pierce menahan para petinggi dewan keamanan yang telah mengetahui kebusukannya. Ia memanggil salah satu anggota STRIKE untuk mengeksekusi para petinggi tersebut. Untungnya, Natasha yang menyamar sebagai salah satu anggota dewan keamanan tersebut berhasil mengatasi mereka dan melucuti Pierce. Lalu, Furry datang dan memaksa Pierce untuk membuka database SHIELD yang berisi segala informasi tentang Hydra. 

Sementara itu, Kapten Amerika dan Falcon bergegas untuk memasangkan perangkat pelumpuh proyek insight. Masing-masing dari mereka telah berhasil memasang satu perangkat, tetapi The Winter Soldier menghalangi Kapten saat akan memasangkan perangkat terakhir. Sayap mekanik Sam mengalami kerusakan sehingga ia tidak lagi bisa membantu Steve. Mau tidak mau, Steve pun harus bertarung dengan Bucky, sahabatnya sendiri. Prioritas utama Steve adalah melumpuhkan proyek insight. 

Jalan Masing-Masing

Maka, setelah berhasil memasang perangkat terakhir, Steve menginstruksikan kepada Maria Hill di pusat kendali untuk segera menghancurkan semua helicarrier. Sementara, ia memilih untuk tinggal dan menghadapi Bucky demi menyadarkannya. Steve yakin ia bisa mengembalikan kesadaran Bucky. Untuk itu, ia membiarkan Bucky memukulinya hingga babak belur dan mereka pun terjatuh bersama dengan helicarrier yang hancur. Setelah semua helicarrier hancur, Bucky tampak menyeret Steve, meletakkannya di tepian sungai, dan meninggalkannya. 

Beberapa waktu kemudian, Steve terbangun dan mendapati dirinya dalam sebuah rumah sakit. Sam tengah menungguinya saat itu. Natasha menyebarkan database SHIELD ke publik dan menghadapi sidang Komite Keamanan Dunia. Nick Fury berencana memanfaatkan kematian palsunya untuk memburu para mata-mata dan anggota Hydra yang tersisa. Sementara itu, Steve memutuskan untuk mencari keberadaan Bucky alias The Winter Soldier bersama Sam. 

Di pertengahan credit title, kita melihat sebuah markas lain dari Hydra. Pemimpin divisi tersebut bernama Baron Von Strucker. Ia memperlihatkan sebuah laboratorium canggih milik Hydra dan dua manusia yang menjadi subjek penelitian mereka. Salah satunya adalah lelaki yang memiliki kecepatan super, sedangkan yang satu lagi seorang perempuan dengan kekuatan telekinesis. Selain itu, kita juga menemukan keberadaan tongkat milik Loki di laboratorium tersebut.

Sementara itu, Smithsonian Institute, Bucky Barnes tengah menyimak sejarah tentang masa lalunya. 

Nilai rata-rata 0 / 5. Jumlah penilai: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

FAQ Sinopsis Film Captain America: The Winter Soldier 2014

  • Yang manakah Film Captain America: The Winter Soldier dan tentang apa ? Film Barat, film captain america, film captain america kedua, film superhero, film superhero avengers, film superhero marvel, film tentang superhero, sekuel film captain america
  • Tahun Berapa Captain America: The Winter Soldier Rilis ? Film Tahun 2014
  • Siapa Sutradara Film Captain America: The Winter Soldier ? Anthony Russo, Joe Russo
  • Siapa pemeran atau pemain Captain America: The Winter Soldier ? Mereka adalah aktor aktris terkenal diantaranya Anthony Mackie, Chris Evans, Cobie Smulders, Emily VanCamp, Frank Grillo, Hayley Atwell, Robert Redford, Samuel L. Jackson, Scarlett Johansson, Sebastian Stan
  • Tergolong genre apakah film Captain America: The Winter Soldier ? Film Action, Film Fantasy, Film Perang Paling Seru, Film Petualangan Paling Seru
  • Trailer Captain America: The Winter Soldier 2014

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *