thor - 1

Sinopsis Film Thor

Diposting pada

Suatu malam di New Mexico, seorang astrofisikawan bernama Jane Foster sedang menyelidiki sebuah fenomena aneh di langit. Ia bersama dengan rekannya yang bernama Darcy Lewis dan mentornya, yaitu Dr. Erik Selvig. Mereka melihat sebuah aurora misterius yang muncul bersama semacam badai api. Jane dan timnya segera memacu mobil mereka menuju fenomena tersebut. Di tengah perjalanan itu, tanpa sengaja mereka menabrak sesuatu yang ternyata adalah seorang laki-laki. Lalu, Jane dan timnya pun memutuskan untuk menolong lelaki tersebut dan memulai film Thor.

Raksasa dan Para Dewa

Ribuan tahun yang lalu, sekitar 965 Masehi, penduduk di daerah Norwegia mendapatkan serangan dari para raksasa Jotunheim. Para raksasa tersebut berniat menjadikan Bumi sebagai planet es dan menguasainya. Namun, Odin dan pasukan Asgard turun dari langit dan memukul mundul para raksasa tersebut. Ia menyita pusaka peti es dari pemimpin kaum Jotunheim yang bernama Laufey dan memperingatkannya agar tidak menyerang Bumi yang berada dalam perlindungannya.

Odin dan pasukannya pun kembali ke Asgard, sebuah dunia yang gemerlap dan penuh cahaya sekaligus sumber kedamaian bagi alam semesta. Ia tampak menceritakan sebuah kisah kepada dua putranya yang masih kecil, yaitu Thor dan Loki. Odin juga mengatakan bahwa kelak salah satu di antara mereka akan mewarisi tahta sebagai Raja Asgard, tetapi mereka berdua terlahir untuk menjadi raja.

Bertahun-tahun kemudian, salah satu putra Odin, yaitu Thor, telah siap menerima penobatannya menjadi raja. Sayangnya, penobatan tersebut harus tertunda karena ada sebuah peristiwa yang terjadi. Beberapa raksasa Jotunheim menyusup ke ruang penyimpanan Asgard dan mencoba mencuri pusaka peti es. Untungnya, penjaga Asgard yang disebut the Destroyer berhasil menghabisi para penyusup tersebut.

Thor yang marah mendapati hal tersebut mengatakan agar Odin menyerang Jotunheim dan memberi kaum raksasa es itu pelajaran. Akan tetapi, Odin memintanya untuk tetap tenang karena masalah tersebut telah diatasi dan ia akan memerintahkan untuk memperketat penjagaan Asgard. Namun, Thor merasa kurang puas dengan keputusan ayahnya itu.

Arogansi Sang Dewa Petir

Selama ini, Thor merupakan seorang petarung yang kuat. Ia memiliki senjata sebuah palu bernama Mjolnir yang telah mengakui dirinya sebagai tuan. Semasa kecinya, Odin pernah memberi petuah bahwa seorang raja sejati tidak pernah memulai perang, tetapi akan selalu siap untuk berperang. Sayangnya, kekuatan tersebut membuat Thor menjadi gelap sehingga mengabaikan makna sesungguhnya dari nasihat ayahnya itu.

Maka, mendapat dorongan dari Loki, Thor bersama rekan-rekannya yang bernama Lady Sif, Volstagg, Fandral, dan Hogun pun pergi ke Jotunheim. Heimdall sang penjaga byfrost yang merasa kesal karena baru kali itu ada yang lolos dari pengamatannya dan berhasil menyusup ke Asgard pun bersedia mengirim mereka untuk mencari tahu.

Thor dan rekan-rekannya sampai di Jotunheim dan menanyakan perihal penyusupan kaum raksasa kepada Laufey. Namun, Laufey malah mengatakan bahwa di ada banyak pengkhianat di Asgard sendiri. Ia juga meremehkan dan memancing emosi Thor sehingga memulai pertengkaran. Meski Thor dan kawan-kawannya adalah pejuang-pejuang tangguh, mereka tetap kewalahan menghadapi para raksasa es yang jumlahnya berkali-kali lebih banyak. Akhirnya mereka pun terkepung dan Odin sendiri turun ke Jotunheim untuk menengahi konflik tersebut. Odin meminta maaf kepada Laufey atas perbuatan putranya yang bodoh, tetapi Laufey menganggap kejadian itu sebagai permulaan perang di antara mereka.

Jatuhnya Sang Dewa Petir

Sekembalinya mereka di Asgard, Odin memarahi Thor karena telah bertindak gegabah. Akan tetapi, Thor merasa tidak terima dan menentang Odin. Bahkan, Thor menganggap Odin mulai lemah dan menjadi pengecut. Mendengar hal itu, Odin benar-benar marah. Ia mengambil mjolnir sekaligus kekuatan Thor dan melemparkan keduanya ke Bumi. Sebelumnya, Odin sempat memantrai mjolnir sehingga hanya seseorang yang memiliki karakter dan kualitas yang layak yang dapat menggunakannya.

Thor jatuh ke Bumi dan mobil Jane Foster tanpa sengaja menabraknya. Sementara Jane dan timnya membawa Thor ke rumah sakit, mjolnir mendarat di tempat yang tidak jauh dari lokasi tersebut. Keesokan harinya, Darcy menemukan fakta bahwa pria yang mereka tabrak, yaitu Thor, jatuh bersamaan dengan terjadinya badai aurora aneh yang mereka temui. Maka, Jane dan timnya pun bergegas ke rumah sakit untuk menjemput Thor.

Di sisi lain, seorang warga sipil menemukan keberadaan mjolnir yang kemudian mengundang banyak orang untuk mencoba mengangkatnya. Lalu, agen Phil Caulson dari SHIELD tiba di tempat itu. Ia segera mengamankan lokasi dan area jatuhnya mjolnir serta membangun fasilitas untuk meneliti palu ajaib tersebut. Sementara, Thor yang baru sadar mendapati dirinya berada di tempat asing dan berusaha kabur. Namun, lagi-lagi tanpa sengaja mobil yang dikendarai Jane menabraknya dan membuatnya pingsan.

Di Asgard, Loki mengatakan sesuatu kepada rekan-rekan Thor yang justru membuat mereka mencurigai dirinya sebagai pengkhianat. Kemudian, Loki mencoba mencuri pusaka peti es, tetapi Odin memergokinya. Pada momen tersebut, Odin memberitahukan kepada Loki mengenai jati dirinya yang sebenarnya bahwa Loki merupakan putra dari Laufey. Meski Odin menyayanginya seperti anak kandungnya sendiri dan menyampaikan harapannya terhadap Loki, kecemburuan Loki terhadap Thor telah membutakan matanya.

Intervensi dan Tipu Daya

Odin tiba-tiba melemah dan harus berhibernasi untuk memulihkan kekuatannya. Istri Odin yang bernama Frigga merasakan bahwa proses hibernasi Odin kali ini berbeda dari biasanya. Lalu, ia berpesan kepada Loki dan Thor agar tidak putus asa dalam menghadapi masalah yang mereka alami. Sementara itu, di Bumi, Thor telah saling mengenal dengan Jane, Darcy, dan Erik. Ia mendengar desas-desus mengenai mjolnir dan langsung mencari cara untuk mendatangi tempat palu yang pernah menjadi miliknya itu berada.

Sebenarnya, Jane ingin membantu Thor, tetapi Erik melarangnya untuk tidak mencampuri urusan orang terlalu jauh. Thor sendiri tidak mempermasalahkan hal itu karena ia sudah berterima kasih mereka bersedia menolongnya selama ini. Maka, mereka pun berpisah jalan. Jane dan timnya kembali ke tempat mereka dan mendapati para agen SHIELD telah menyita semua hasil penelitian mereka. Di Asgard, Lady Sif dan rekan-rekannya hendak mengadukan perbuatan Loki kepada Odin, tetapi ternyata kini Lokilah yang tengah menduduki tahta sehingga mereka tidak mampu berbuat apa-apa.

Setelah kehilangan semua hasil kerjanya, Jane memutuskan untuk membantu Thor menuju tempat mjolnir berada. Thor menerobos fasilitas dan berusaha mengangkat mjolnir, tetapi palu tersebut tidak bergerak sama sekali. Lalu, Loki tiba-tiba muncul di tempat tersebut dan mengabarkan bahwa Odin telah meninggal. Selain itu, Loki juga menyampaikan bahwa saat ini Thor sedang berada dalam masa pengasingannya. Thor yang mendengar hal itu semakin putus asa sehingga para agen SHIELD pun menangkapnya.

Loki yang berambisi menjadi raja Asgard mendatangi Laufey dan merencanakan pembunuhan Odin. Loki berjanji jika ia akan mengembalikan pusaka peti es kepada Laufey jika mereka berhasil membunuh Odin. Sementara itu, Lady Sif dan rekan-rekan Thor tidak menyukai kebijakan-kebijakan Loki sehingga mereka memutuskan untuk pergi menyusul Thor ke Bumi. Dari kejauhan, Loki mengamati dan menyadari tindakan yang akan dilakukan oleh rekan-rekan kakaknya itu. Maka, ia pun mengirim Destroyer ke bumi untuk membinasakan mereka.

Cinta dan Pencerahan

Di Bumi, Jane berhasil membujuk Dr. Selvig untuk membebaskan Thor. Kini, Thor merasa sangat bersalah atas sikapnya terhadap Odin. Ia pun menyadari kesalahan-kesalahannya dan berniat untuk menjalani masa pengasingannya di Bumi sebagai bentuk pertanggungjawabannya. Semakin lama, ia pun semakin akrab dengan Jane dan mulai mencintai astrofisikawan wanita itu. Tiba-tiba, rekan-rekannya dari Asgard datang dan menemuinya. Mereka memberitahukan keadaan yang sebenarnya dan membuat Thor menjadi serba dilematis.

Belum usai keterkejutannya atas kelicikan Loki, kedatangan Destroyer ke tempat itu membuat Thor dan yang lainnya panik. Maka, bersama Jane dan timnya, Thor berusaha mengevakuasi para penduduk sipil di wilayah tersebut. Sementara itu, Lady Sif, Voltagg, Fandral, dan Hogun berusah menghadapi Destroyer. Sayangnya, Destroyer terlalu tangguh bagi mereka. Namun, Thor yang kini tidak memiliki kekuatan malah berjalan dengan tenang dan menghadapinya. Sambil menatap Destroyer, Thor tahu betul bahwa Loki sedang memperhatikannya.

Thor menyampaikan permintaan maafnya kepada Loki dan memintanya untuk berhenti melakukan sesuatu yang dapat membawa Asgard kepada kehancuran. Sayangnya, Loki sama sekali tidak menggubris perkataan sang kakak. Ia bahkan memberhentikan Heimdall dari pekerjaannya menjaga byfrost dan melanjutkan rencana pembunuhan Odin. Ternyata, semua rencana tersebut juga merupakan tipu muslihat Loki. Ketika para raksasa hendak membunuh Odin, Loki malah menyerang mereka dan membunuh Laufey.

Sementara itu, Destroyer tengah menghajar Thor yang tidak bisa berbuat apa-apa. Bukannya melawan, Thor justru pasrah dan menganggap semua itu sebagai hukuman yang harus ia terima. Ia rela untuk mati jika hal itu bisa membuat orang-orang lain di sekitarnya sekamat. Namun, mjolnir tiba-tiba bereaksi dan merasakan kerelaan dalam diri Thor membuat putra dari Odin itu layak untuk menjadi pemiliknya sekali lagi. Maka, ia pun melesat menuju genggaman Thor sehingga Thor pun mendapatkan kekuatan dan senjatanya kembali. Thor pun bangkit dan menghancurkan Destroyer seketika itu juga.

Cinta atau Tahta

Setelah mengucap perpisahan kepada Jane dan timnya, Thor melihat agen Coulson mendatanginya. Thor setuju untuk menjadi sekutu bagi SHIELD asalkan mereka berjanji untuk mengembalikan semua hasil penelitian dan pekerjaan Jane Foster. Lalu, ia dan teman-temannya bergegas untuk kembali ke Asgard. Heimdall yang tadinya membeku akibat sihir Loki berhasil membebaskan diri dan mengaktifkan byfrost untuk membawa Thor dan yang lainnya kembali.

Sesampainya di Asgard, Thor dan teman-temannya segera menolong Heimdall yang masih dalam keadaan cedera. Sementara itu, Frigga berterima kasih karena Loki telah menyelamatkan Odin. Loki melanjutkan tipu dayanya dan menyatakan akan menghancurkan Jotunheim, tetapi Thor tiba-tiba datang dan mengungkap semua kebohongan Loki. Loki yang kesal seketika menghajar Thor dan menuju ke byfrost. Kemudian, Loki menggunakan byfrost yang juga bisa berfungsi sebagai meriam penghancur planet untuk melenyapkan Jotunheim.

Untungnya, Thor tiba tepat waktu dan bertarung dengan Loki. Setelah membuat Loki tak berdaya, Thor menghancurkan jembatan byfrost sehingga meriam tersebut kehilangan dayanya. Tindakan itu sangat berisiko karena akan mengakibatkan Thor dan Loki terjebak dalam jurang yang sangat dalam. Namun, Odin yang telah bangun dari tidurnya datang dan meraih tangan kedua anak lelakinya itu. Akan tetapi, Loki melepaskan genggamannya dan membiarkan dirinya jatuh ke dalam jurang.

Beberapa waktu kemudian, Asgard mengadakan sebuah pesta yang meriah untuk merayakan kembalinya Thor dan Odin. Mereka juga mensyukuri segala kekacauan di Asgard telah selesai untuk saat itu. Di sisi lain, Thor menemui Odin dan menyatakan bahwa dirinya belum siap untuk menjadi seorang raja. Ia masih harus banyak belajar agar menjadi lebih bijaksana. Thor kemudian pergi menemui Heimdall dan menanyakan keadaan wanita yang dicintainya, yaitu Jane Foster.

Di sebuah tempat di Bumi. Dr. Erik Selvig menerima tawaran Nick Fury untuk bekerja sebagai peneliti dalam SHIELD. Saat itu, a tidak menyadari bahwa saat itu, dirinya tengah berada dalam pengaruh bisikan dari Loki, dan film pertama Thor ini pun berakhir.

Nilai rata-rata 0 / 5. Jumlah penilai: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

FAQ Sinopsis Film Thor 2011 Alur Cerita Awal Hingga Akhir LENGKAP

  • Yang manakah Film Thor dan tentang apa ? Film Barat, film superhero, film superhero avengers, film superhero berkekuatan petir, film superhero marvel, film tentang superhero, film thor, film thor pertama
  • Tahun Berapa Thor Rilis ? Film Tahun 2011
  • Siapa Sutradara Film Thor ? Kenneth Branagh
  • Siapa pemeran atau pemain Thor ? Mereka adalah aktor aktris terkenal diantaranya Anthony Hopkins, Chris Hemsworth, Colm Feore, Idris Elba, Kat Dennings, Natalie Portman, Ray Stevenson, Rene Russo, Stellan Skarsgård, Tom Hiddleston
  • Tergolong genre apakah film Thor ? Film Action, Film Fantasy, Film Sci-Fi Paling Seru
  • Trailer Thor 2011

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *