batman-v-superman

Sinopsis Film Batman V Superman: Dawn of Justice

Diposting pada

Sesuai judulnya, Film Batman V Superman: Dawn of Justice ini merupakan film pertama yang mempertemukan dua superhero yang menjadi ikon dari DC Studio, yaitu Batman dan Superman.  Dengan latar waktu setelah kisah Superman dalam Man of Steel, film ini menceritakan bagaimana Batman dan Superman bertemu dalam sebuah kesalahpahaman sehingga mereka harus bertarung satu sama lain.

Sebagai anak satu-satunya, Bruce Wayne kecil harus menghadapi pahitnya kenyataan kematian kedua orang tuanya. Ia merasa putus asa sehingga berlari meninggalkan prosesi pemakaman ayah dan ibunya dan tanpa sengaja terperosok ke sebuah lubang yang cukup dalam. Dari lubang tersebut, segerombolan kelelawar terbang keluardan mengerumuni Bruce kecil. Namun, bukannya menyerangnya, kelelawar-kelelawar tersebut justru mengelilinginya dan mengankatmya keluar dari lubang tersebut.

Pahlawan, Pembawa Bencana, atau Penjahat?

Puluhan tahun setelah kejadian itu, Bruce Wayne yang mendarat di Metropolis dan melihat pertarungan antara Superman melawan Zod. Bruce bergegas menuju gedung Wayne Financial dan menghubungi salah satu stafnya untuk mengimbau semua orang agar segera keluar dari gedung tersebut. Meski terlambat, Bruce tetap nekat menembus reruntuhan gedung tersebut dan sempat menyelamatkan seorang anak kecil. Kemudian, ia melihat Superman yang masih bertarung dengan pandangan penuh amarah.

Delapan belas bulan setelah kejadian itu, di Samudra Hindia, dua penyelam menemukan sebuah benda yang ternyata adalah kryptonite. Di sisi lain, Superman telah menjadi sosok yang kontroversial bagi banyak orang. Ia memang melakukan banyak penyelamatan, tetapi di saat yang sama, jumlah korban yang berjatuhan dalam setiap kemunculannya tidaklah sedikit. Sementara itu, Batman pun masih melakukan aksi penyelamatannya sendiri dan sebenarnya mendapat respons yang tidak terlalu baik dari kepolisian.

Sebagaimana Batman menganggap Superman sebagai ancaman bagi kemanusiaan, Superman pun melihat Batman lebih sebagai pelanggar hukum yang suka main hakim sendiri. Dalam kehidupan personal masing-masing, Bruce tengah menyelidiki seorang pedagang Rusia bernama Anatoli Knyazev untuk menguak hubungan pria tersebut dengan seorang miliader bernama Lex Luthor.

Luthor sendiri tengah mencoba memuluskan usahanya mengimpor kryptonite dengan melobi Senator Juni Finch. Kepada Finch, Luthor mengatakan bahwa kryptonite adalah peluang bagi mereka untuk membatasi kekuatan orang-orang seperti Superman yang berniat menguasai Bumi. Namun. Sang senator tidak menyetujuinya karena ia mendatkan fakta bahwa benda tersebut tidak akan menjadi pembatas, tetapi sebuah alat pemusnah.

Persimpangan Tiga Pahlawan

Lex Luthor mengadakan sebuah acara yang tanpa sengaja mempertemukan Bruce dan Clark. Clark hadir sebagai wakil dari Daily Planet, sedangkan Bruce memang mendapatkan undangan langsung dari Lex Luthor. Dalam pertemuan dan pembicaraan yang singkat, Clark menyinggung aksi pelanggaran hukum Batman kepada Bruce. Sebaliknya, Bruce pun memaparkan bagaimana pandangannya tentang Superman yang tidak lebih daripada seorang pembawa bencana.

Ketika keduanya berpisah, Bruce menjalankan misinya yang sesungguhnya, yaitu mencuri sebuah fashdrive berisi data-data rahasia dari Lex Corp. Namun, seorang wanita cantik bernama Diana Prince telah mendahuluinya. Di sisi lain. Clark terus mendapatkan dukungan dari ibunya, Martha Kent, untuk mengikuti apa kata hatinya dan tidak menghiraukan pendapat-pendapat negatif yang beredar tentang dirinya.

Pada sebuah pameran barang-barang antik, Bruce kembali bertemu dengan Diana. Setelah bernegosiasi cukup lama, Diana setuju untuk menyerahkan flashdrive Lex Corp kepada Bruce. Kemudian, dalam markasnya, Bruce tidak menyangka akan membutuhkan waktu lama bagi komputernya untuk membongkar enkripsi dalam flasdrive tersebut. ia pun tertidur dan memimpikan hal-hal yang cukup aneh hingga mengerikan.

Dalam flashdrive tersebut, Bruce melihat berbagai informasi penting mengenai kryptonite. Selain itu, ia pun mendapatkan identitas Diana Prince bersama beberapa orang lain yang memiliki kemampuan atau kekuatan di luar nalar manusia biasa. Lalu, kepada Alfred, Bruce pun mengaku bahwa ia ingin mendapatkan kryptonite untuk menjadikannya senjata melawan Superman. Mendengar hal itu, Alfred sebenarnya menyarankan tidak seharusnya Bruce menjadikan Superman sebagai musuh, tetapi Bruce bersikeras akan tetap menganggapnya demikian.

Sekutu atau Seteru?

Suatu malam, Bruce berhasil menemukan Knyazev dan anak buahnya akan melakukan pengiriman kryptonite. Ia pun bertindak sebagai Batman dan memburu Knyazev untuk mendapatkan benda tersebut. Akan tetapi, Superman tiba-tiba muncul, mengagalkan, dan memberinya peringatan. Batman yang tidak merasa gentar sedikitpun justru menantang balik manusia super itu dengan mengatakan “Do you bleed?”

Mendapat dukungan moral dari ibunya, Clark tetap meneruskan aksi-aksinya melakukan penyelamatan sebagai Superman. Namun, ketika Senator Finch menanyainya dalam sebuah persidangan, sebuah bom meledak dan menewaskan semua orang di gedung pengadilan tersebut kecuali Superman. Frustrasi karena gagal menyelamatkan orang-orang tak bersalah sebagai Superman, Clark pun pergi untuk mengasingkan diri.

Beberapa waktu kemudian, Batman berhasil membobol perusahaan milik Luthor dan mencuri kryptonite. Kemudian, di markasnya, Bruce mulai melakukan segala persiapan yang ia butuhkan untuk melawan dan mengalahkan Superman. Sementara itu, Luthor memasuki pesawat Kryptonian dan mendapatkan akses ke dalam sebuah teknologi berisi data dari ratusan ribu dunia. Luthor juga menemukan sebuah cara untuk membangkitkan Zod sebuah modifiksi genetik.

Dalam satu kesempatan, Bruce mengirimkan data-data tentang metahuman dari flashdrive Lexcorp kepada Diana dan menanyakan siapa sebenarnya wanita tersebut. Di sisi lain, Lois Lane berhasil menemukan berbagai bukti penyimpangan dan pekerjaan-pekerjaan ilegal dari Lex Luthor. Ia menyimpulkan bahwa selama ini Lex telah memanipulasi segala kejadian yang menjadikan Batman dan Superman saling bertarung satu sama lain.

Skenario Lex Luthor

Apa yang menjadi pikiran Lois memang tidak salah. Kini, Luthor melanjutkan merealisasi skenarionya dengan menculik Lois dan juga Martha Kent melalui Knyazev. Lalu, Luthor menjatuhkan Lois dari atap Lexcorp untuk memancing kedatangan Superman. Superman yang telah mendapat pencerahan dari kenangannya akan sang ayah pun tiba dan menyelamatkan Lois tepat waktu. Kemudian, Superman mendatangi Lex, tetapi sekali lagi Lex Luthor membuatnya tidak berdaya karena telah menyandera ibunya.

Luthor memaksa Superman untuk membunuh Batman dan membawakan kepalanya. Superman yang terpaksa menurutinya pun mendatangi Batman yang memang telah bersiap dengan menyalakan Batsignal di langit malam yang kelam. Batman dan Superman pun bertarung sengit. Meski memiliki kekuatan super, Batman yang telah melakukan persiapan matang dengan berbagai senjata berbahan kryptonite pun berhasil membuat Superman terdesak.

Untungnya, Lois berhasil mendatamgi dan menghentikan pertarungan di antara kedua superhero tersebut. Lois juga memberitahukan bahwa Lex Luthorlah yang telah mengadu domba mereka berdua. Superman yang lemah karena pengaruh kryptonite meminta Batman untuk menyelamatkan ibunya. Batman yang telah menyadari kekeliruannya pun bergegas untuk memenuhi permintaan Superman. Ia mengobrak-abrik persembunyian Knyazev dan membunuh semua anak buahnya hingga berhasil menyelamatkan Marha Kent.

Superman yang telah pulih segera mendatangi Luthor. Luthor yang melihat Superman tidak berhasil membunuh Batman hendak memerintahkan Knyazev untuk mengeksekusi Martha Kent. Sayangnya, ia justru mendapatkan suara Batman di seberang telepon karena Knyazev sendiri telah mati. Luthor yang kini terpojok pun menjalankan rencana cadangannya. Ia melepaskan monster hasil modifikasi genetika Zod untuk membunuh Superman.

Cikal Bakal Justice League

Superman dan monster tersebut segera bertarung dan menghasilkan kekacauan dan kehancuran di mana-mana. Akibat kekacauan yang semakin meluas dan monster tersebut mampu menyerap energi untuk memperkuat tubuhnya, Superman memutuskan untuk membawanya ke luar angkasa. Presiden Amerika saat itu memerintahkan militer untuk menembak monster tersebut dengan rudal nuklir. Sekilas, usaha tersebut seolah-olah berhasil.

Si monster jatuh kembali ke Bumi, tetapi bukannya mati karena ia menyerap energi nuklir yang menghantam tubuhnya sehingga menjadikannya lebih besar dan kuat. Sayangnya, Superman yang juga terkena dampak nuklir tersebut kini mengapung di angkasa dalam keadaan sekarat. Batman yang mengetahui hal itu segera memberikan perlawanan dengan menggunakan pesawatnya sendiri. Sementara itu, Diana Prince yang mengetahui semua kekacauan tersebut membatalkan penerbangannya.

Batman mengetahui satu-satunya senjata yang dapat membunuh monster tersebut adalah tombak kryptonite buatannya. Ia pun memancing si monster kembali ke Gotham karena di situlah ia membuang tombak yang sempat dipakainya untuk mengalahkan Superman. Sesampainya di Gotham, monster tersebut berhasil menjatuhkan pesawat Batman dan membuatnya terdesak. Untungnya, Diana Prince tiba sebagai Woderwoman dan menghalangi serangan si monster.

Di sisi lain, Superman telah memulihkan dirinya kembali berkat paparan sinar matahari. Ia segera turun ke Bumi dan bergabung dengan Batman dan Wonderwoman.

RIP Superman

Meskipun telah bertarung bersama, monster tersebut masih terlalu kuat bagi ketiga superhero itu. Maka, sementara Wonderwoman dan Superman menyerang makhluk tersebut, Batman terus memancingnya agar mendekati lokasi tombak kryptonite. Sebenarnya, Lois yang juga mengetahui kelemahan si monster telah berusaha mengambil tombak tersebut, tetapi reruntuhan akibat ledakan energi dari monster itu membuatnya terjebak.

Superman yang mengetahui hal itu segera menyelamatkan kekasihnya. Kemudian, Superman nekat mengambil tombak kryptonite meski ia tahu hal itu akan melemahkannya. Superman seakan mengerti bahwa hanya dirinyalah yang memiliki peluang untuk menusukkan tombak tersebut kepada si monster. Maka, ia pun mengecup Lois untuk terakhir kalinya dan mengucapkan salam perpisahan sebelum terbang menuju si monster dan menusuknya.

Karena kondisinya yang melemah, Superman pun tidak dapat menghindar ketika monster tersebut menusuknya. Lalu, bersama tewasnya si monster, Superman pun mengembuskan napas terakhirnya. Sementara itu, tim SWAT menemukan Lex Luthor yang tengah memperlajari sebuah benda bernama motherbox dan menangkapnya.

Superman mendapatkan pemakaman simbolik secara milter, sementara prosesi pemakaman tubuh aslinya berada di Smallville. Lois Lane semakin sedih saat Martha memberitahunya bahwa Clark hendak melamarnya dalam waktu dekat. Setelah menghadiri pemakaman Clark, Bruce mengatakan kepada Diana bahwa ia bermaksud mengumpulkan para metahuman dan membentuk sebuah tim untuk melindungi Bumi yang kini tidak lagi memiliki Superman.

Nilai rata-rata 0 / 5. Jumlah penilai: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

FAQ Sinopsis Film Batman V Superman: Dawn of Justice 2016

  • Yang manakah Film Batman V Superman: Dawn of Justice dan tentang apa ? aquaman, batman, cyborg, Film Barat, film superhero, film superhero dc, film tentang superhero, justice league, superman, the flash, wonderwoman
  • Tahun Berapa Batman V Superman: Dawn of Justice Rilis ? Film Tahun 2016
  • Siapa Sutradara Film Batman V Superman: Dawn of Justice ? Zack Snyder
  • Siapa pemeran atau pemain Batman V Superman: Dawn of Justice ? Mereka adalah aktor aktris terkenal diantaranya Amy Adams, Ben Affleck, Diane Lane, Gal Gadot, Henry Cavill, Holly Hunter, Jeremy Irons, Jesse Eisenberg, Laurence Fishburne
  • Tergolong genre apakah film Batman V Superman: Dawn of Justice ? Film Action, Film Fantasy, Film Perang Paling Seru, Film Sci-Fi Paling Seru
  • Trailer Batman V Superman: Dawn of Justice 2016

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *